Sejarah

Berawal dari sebuah niat yang kuat untuk menghadirkan sebuah layanan Laboratorium Klinik yang lengkap, simpel, cepat dengan mutu hasil yang baik dan harga terjangkau, maka dibukalah Laboratorium Klinik PRAMITA di Surabaya pada bulan Oktober 1987.

Sambutan baik oleh masyarakat Surabaya dan sekitarnya -- khususnya para klinisi -- atas kehadiran Laboratorium Klinik PRAMITA semakin menambah rasa percaya diri dan optimisme para perintis untuk bekerja lebih keras lagi untuk memberikan yang terbaik bagi para pelanggan. Terobosan luar biasa yang dilakukan PRAMITA yang saat itu belum pernah ada adalah layanan non stop mulai pukul 6 pagi hingga pukul 21 malam, layanan rontgen, EKG, kemudian disusul dengan pemeriksaan penunjang lainnya, merupakan wujud nyata komitmen PRAMITA untuk menjadi laboratorium klinik terlengkap .

Berbekal dari pengalaman mendirikan Laboratorium di Surabaya, dikembangkanlah Laboratorium Klinik PRAMITA di berbagai kota besar lainnya seperti Jember, Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Jakarta dan Medan, hingga tahun 2006 Laboratorium Klinik PRAMITA telah memiliki 10 Cabang.

Pada kuartal pertama tahun 2007 telah terjadi perubahan sangat mendasar dalam menejemen PT. PRAMITA, yakni perubahan struktur modal, susunan Dewan Komisaris dan Direksi. Atas dasar pertimbangan menejemen, PT. PRAMITA melepas separuh asetnya sehingga pada bulan April 2007 PT. PRAMITA mengelola cabang-cabang yang terletak di berbagai kota besar di Indonesia. Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa bahwa perkembangan Laboratorium Klinik PRAMITA sangat pesat sehingga pada tahun 2016 kami telah memiliki 29 cabang yang tersebar di 15 kota diseluruh Indonesia.

Profil Bisnis

Manusia Unggul
Internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam visi, misi, dan nilai-nilai dasar perusahaan menghasilkan sebuah budaya perusahaan yang dapat dirasakan langsung oleh setiap pelanggan. Suasana yang nyaman, bersih, akrab dan ramah merupakan pemandangan sehari-hari di lingkungan Laboratorium Klinik PRAMITA.
Pembentukan budaya kerja diawali dari pemilihan orang-orang yang tepat, setiap calon karyawan dipilih dari lulusan terbaik dengan syarat memiliki index prestasi tertentu, kemudian harus menjalani serangkaian tes dalam proses seleksi yang cukup ketat. Sebelum diterima sebagai karyawan mereka harus melalui masa percobaan selama 3 bulan untuk dievaluasi sejauh mana kemajuan prestasi, kematangan sosial dan kematangan kerjanya, setelah dinyatakan lulus kemudian ditempatkan sesuai dengan kompetensinya. Dengan demikian diharapkan dapat diperoleh SDM yang kompeten sehat jasmani dan rohani. Sampai dengan tahun 2010, Laboratorium Klinik PRAMITA telah memiliki lebih dari 800 orang pegawai terlatih, 85% di antaranya adalah tenaga medis/para medis, dan 15% tenaga non medis.

Teknologi Unggul
Peralatan dengan teknologi mutakhir dapat disaksikan di ruang-ruang proses laboratoroum dan elektro medis. Di ruang laboratorium terdapat instrument buatan Amerika, Jerman dan Jepang yang digunakan untuk pemeriksaan kima darah dan immunologi. Semua peralatan telah terkoneksi dengan database pasien, sehingga semua pemeriksaan dapat dilakukan secra otomatis tanpa campur tangan terlalu banyak dari operator.
Unit Radiologi didukung pesawat general x-ray buatan Jepang berkapasitas 650 mA yang memiliki kemampuan untuk foto rongent polos, kontras dan fluoroscopy, di samping itu terdapat juga pesawat rontgen mammografi, dan rontgen gigi panoramic & cephalometri. Semua hasil foto rontgen diolah secara digital sehingga menghasilkan image yang berkualitas.
Pesawat Ultrasonografi generasi baru juga tersedia di Pramita, pesawat buatan Amerika ini mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi, bahkan mampu menghasilkan gambar berwarna empat dimensi.
Untuk pemeriksaan jantung, tersedia pesawat USG, Treadmill, Holter Monitoring, dan EKG dengan teknologi terbaru. Demikian juga peralatan untuk pemeriksaan saraf otak, tersedia pesawat Digital EEG yang dilengkapi dengan video capture.

Manajemen Unggul
Sejak tahun 2004, Laboratorium Klinik PRAMITA telah mengadopsi sistem menejemen mutu ISO 9001:2008, SNI ISO 15189:2009. Penerapan sistem prosedur baku (SOP) berpedoman pada standar ISO tersebut memberikan jaminan bahwa setiap pekerjaan dilaksanakan secara baku dengan mutu yang terukur dan terkendali. Disamping itu juga menjamin kemampuan telusur setiap detail pekerjaan yang telah dilakukan.

Produk Unggul
Efek sinergi dari ke tiga keunggulan tersebut di atas bisa dijadikan jaminan bahwa setiap produk/jasa yang dihasilkan oleh Laboratorium Klinik Pramita adalah dapat dipertanggungjawabkan.
Berdasarkan hasil survey pelanggan, 98% pelanggan menyatakan puas menggunakan jasa Laboratorium Klinik Pramita, mereka menyatakan puas karena pelayanan dan mutu hasil yang baik. Sebuah produk barang/jasa disebut bermutu apabila pelanggan mengatakan bermutu.

Pertumbuhan Perusahaan
Berdasarkan analisa statistik, pertumbuhan perusahaan berdasarkan tingkat animo pelanggan rata-rata pertahun adalah 7.5%, dan pertumbuhan pendapatan rata-rata 22.5% per tahun.

Kualitas

Produk barang maupun jasa disebut bermutu hanya apabila pelanggan mengatakan bermutu. Mutu yang baik tidak bisa tercipta begitu saja, mutu hanya bisa dihasilkan oleh sebuah sistem mutu yang terimplementasi dengan baik dan telah menjadi sebuah budaya , yaitu budaya mutu. Target pencapaian mutu yang kami upayakan melalui budaya mutu bukan sekedar menjadikan pelanggan puas, melainkan untuk menjadikan pelanggan senang? dengan apa yang kami berikan. Oleh karenanya untuk mencapai target tersebut diperlukan perhatian di semua aspek secara detail. Sebagai contoh, apabila ingin menghasilkan hasil pemeriksaan yang berkualitas maka pengawasan dan pengendalian mutu harus dilakukan di setiap tahap pekerjaan untuk memastikan bahwa proses pemeriksaan berjalan sesuai dengan standard mutu yang ditetapkan, yang akhirnya akan menjamin bahwa hasil pemeriksaannya adalah benar. Pendek kata, budaya bekerja benar sejak awal harus ditegakkan.

Audit Mutu
Audit Mutu baik internal maupun eksternal ditujukan untuk memastikan/menjamin bahwa standar kualitas yang telah ditetapkan dapat dipertahankan di sepanjang waktu. Audit tersebut dilakukan oleh pihak independen yang mengacu pada standar managemen mutu ISO 9001:2008, dan ketentuan yang ditetapkan Departemen Kesehatan RI, sehingga dijamin mampu memberikan penilaian secara obyektif.

Komunitas Laboratorium Dunia
Di samping kegiatan quality control, dan audit mutu, Laboratorium Klinik PRAMITA selalu mengukur diri terhadap komunitas laboratorium international melalui program International Quality Performance. Sejauh ini posisi Laboratorium Klinik PRAMITA selalu berada pada range yang baik untuk semua parameter yang dibandingkan.

Inovasi & Penyempurnaan Berkesinambungan
Dua puluh tahun sudah kami melayani (1987-2007), berbagai tantangan, peluang dan hambatan sudah biasa kami hadapi. Inovasi dan penyempurnaan secara terus-menerus itulah yang menjadikan Laboratorium Klinik PRAMITA tetap eksis dan berkembang serta diterima masyarakat sampai saat ini. Inovasi dan penyempurnaan di segala aspek merupakan bagian pekerjaan kami sehari-hari yang menyenangkan, demi keinginan memberikan yang terbaik bagi pelanggan.

Rekanan & Mitra Kerja
Sesuai dengan nama kami PRAMITA yang berarti para teman, para mitra dan para sahabat, kami tidak akan mampu berdiri sendiri tanpa dukungan dari mitra kerja dan rekanan. Kami menyadari bahwa untuk dapat menghasilkan sebuah produk layanan yang baik kami juga harus bermitra dengan mitra kerja yang qualified, handal dan dapat dipercaya. Perusahaan-perusahaan ternama dalam dunia diagnostic telah menjadi mitra dan distributor kami.
Disamping pelanggan individu, kami juga melayani kerjasama dengan instansi-instansi. Beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta telah menjadi rekanan kami dalam pemeriksaan kesehatan rutin maupun Medical Check-up tahunan. 
Hubungan kerjasama yang saling menguntungkan, yang dapat membawa kemajuan pada kedua belah pihak selalu kami kedepankan dalam bermitra kerja. Terima kasih, kepada pelanggan, pengguna jasa, mitra kerja dan rekanan atas segala dukungan dan kerjasamanya.