Teri si Mini dengan Manfaat Jumbo

Teri si Mini dengan Manfaat Jumbo


Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan ikan teri. Bagi kebanyakan orang, makan nasi hangat-hangat dengan ikan teri goreng sudah menjadi suatu nikmat tersendiri. Nah, tahukah Anda meski ukurannya mini, ikan teri memiliki manfaat jumbo?

Ikan teri merupakan salah satu jenis dari keluarga ikan anchovy. Meski ukurannya hanya berkisar antara 2-40 cm, keluarga ikan anchovy ini memiliki karakteristik cita rasa yang unik.
1. Kaya asam lemak omega-3
Ikan teri mengandung asam lemak omega-3 tinggi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung hingga fungsi otak.

Bahkan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2006 diketahui bahwa mengonsumsi dua porsi minyak ikan setiap minggu mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36%. 2. Baik untuk kesehatan tulang

Ikan teri memiliki kandungan kalsium tinggi. Dilansir dari laman Detik Health, Fiastuti Witjaksono, seorang dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran UI, mengatakan bahwa ikan teri mengandung sekitar 500 mg-972 mg kalsium.

Kandungan kalsium yang tinggi ini sangat baik untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Selain itu ikan teri juga memiliki kandungan vitamin K, magnesium, serta fosfor yang sama baiknya untuk menjaga kesehatan tulang. Makan teri selama menyusui bahkan dapat mencegah wanita terkena osteoporosis dini.

3. Sumber protein yang baik
Protein merupakan salah satu nutrisi terpenting yang dapat membantu membangun otot dan jaringan tubuh. Selain itu, protein juga berfungsi untuk menghasilkan enzim dan hormon penting dalam tubuh.

Manfaat ikan teri memang tidak perlu diragukan lagi, namun terlalu banyak mengonsumsinya dapat berbalik merugikan kesehatan.

Kebanyakan ikan teri diolah dengan cara diasinkan. Kandungan garam yang tinggi ini dapat berisiko menyebabkan masalah kesehatan, seperti hipertensi.

Terlalu banyak makan makanan bergaram juga dapat membahayakan tulang Anda, karena bisa memicu pengeroposan. Jadi, sebelum memakannya perhatikan juga cara mengolah dan porsi makannya, ya #Sahabat Pramita