Sudah Melakukan Tes Mammografi?

Sudah Melakukan Tes Mammografi?


Mammografi atau mammogram adalah tes pemindaian yang dilakukan untuk menangkap gambar jaringan payudara denganmenggunakan teknologi foto Rontgen.

Mammografi digunakan sebagai alat untuk memeriksa dan mendeteksi berbagai bentuk kelainan pada payudara, seperti kanker payudara, tumor, kista payudara, atau penumpukan kalsium (kalsifikasi) pada jaringan payudara.

Mammografi sangat disarankan bagi wanita berusia 40 tahun ke atas, minimal setahun sekali, khususnya bagi yang memiliki risiko terkena kanker payudara. Bagi wanita yang memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara, mammografi skrining dapat dilakukan sebelum usia 40 tahun.

Mammografi juga akan dilakukan ketika terjadi kelainan yang muncul pada payudara, seperti:
Muncul benjolan pada payudara.
Nyeri pada payudara.
Penebalan pada puting.
Keluar cairan pada puting.
Perubahan pada kulit payudara.

Perlu diingat pula bahwa pemindaian mammografi menggunakan radiasi meskipun dalam jumlah rendah. Beri tahu dokter mengenai kondisi kesehatan, obat-obatan yang dikonsumsi, dan jika pasien sedang hamil atau menyusui. Pancaran radiasi dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Bagi wanita berusia di bawah 40 tahun, ketepatan hasil tes mungkin akan lebih rendah dikarenakan kelenjar payudara dan jaringan di sekitarnya yang masih tebal, sehingga jaringan payudara tidak terlihat jelas. Hindari juga melakukan tes mammografi saat menstruasi hingga seminggu setelah menstruasi selesai, dikarenakan payudara akan terasa lebih kencang. Hal ini juga berlaku bagi pasien yang pernah menjalani implan payudara. Implan payudara dapat mengganggu hasil pemindaian.

Nah, ladies bila Anda belum pernah melakukan skrining mamografi, tunggu apalagi, yuk cek sekarang di cabang-cabang #LaboratoriumKlinikPramita terdekat di kota Anda.