Sudah Benarkah Cara Anda Menyikat Gigi?

Sudah Benarkah Cara Anda Menyikat Gigi?


#SahabatPramita Menyikat gigi secara teratur dan benar dapat mencegah kerusakan gigi, penyakit gusi, dan bau mulut karena cara ini cukup mampu menghilangkan plak dan partikel makanan. Anjurannya adalah sikat gigi teratur sebanyak dua kali sehari. Namun, sudah tahukah Anda cara menyikat gigi yang benar? Simak di sini caranya.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari menyikat gigi, Anda perlu tahu dulu cara menyikat gigi yang benar.
Ubah pola menyikat gigi Anda yang biasa, karena menyikat gigi dengan cara yang itu-itu saja membuat bagian lain gigi lain terlewati.

Nah, Sebaiknya sebelum Anda menyikat gigi lakukan flossing gigi dan menyikat lidah.
Flossing gigi dilakukan untuk mengangkat sisa makanan yang terselip gigi, yang mungkin sulit dicapai dengan sikat gigi. Sementara sikat lidah dilakukan untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut.

Untuk menyikat gigi, pilihlah sikat gigi dengan bulu halus dan pegangan yang nyaman. Jangan lupa juga pilih pasta gigi yang mengandung fluoride.

Berikut cara menyikat gigi yang benar.
Letakkan bulu sikat pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Sikat dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah dan dengan lembut.

Sikat setiap bagian gigi, mulai pada gigi geraham atas atau pada gigi belakang di salah satu sisi mulut Anda. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel hilang.

Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, Anda harus memegang sikat gigi secara vertikal atau menggunakan ujung kepala sikat gigi dan sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi.

Sikat gigi Anda sekitar 2-3 menit untuk menyikat seluruh bagian gigi.
Terakhir, bilas mulut dan sikat gigi Anda dengan air sampai bersih.

Jangan menyikat gigi Anda terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi Anda, ini akan menyakitkan gigi dan gusi Anda. Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi Anda lebih baik. Justru, dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) akan terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.