Resep Snack Sehat & Lezat dari Kedelai

Resep Snack Sehat & Lezat dari Kedelai


Sahabat Pramita sudah hari Jum’at nih, saat yang tepat untuk mencari inspirasi snack baru untuk weekend, kali ini ada snack berbahan dasar kedelai untuk dicoba.
Kedelai terkenal sebagai sumber protein dan serat yang baik. Dalam satu cangkir kacang kedelai seberat 172 gram, terkandung sekitar 29 gram protein dan 11 gram serat. Selain itu, kedelai juga dilengkapi dengan serentetan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, meliputi mangan, zat besi, fosfor, folat, tembaga, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin K.

Uniknya, kacang kedelai memiliki kandungan isoflavon, yakni sejenis antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas penyebab kanker. Yang tak kalah penting, kedelai menyumbang indeks glikemik (IG) dalam jumlah yang rendah sehingga dipercaya aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan, makanan dengan IG rendah seperti kacang kedelai bisa bantu Anda untuk kenyang lebih lama. Nah, berikut ini merupakan pilihan snack dari olahan kedelai yang tak hanya lezat, tapi juga sehat.

Es krim vanila kedelai

Es krim yang enak bisa Anda buat dengan mudah hanya dengan bermodalkan kacang kedelai. Ya, olahan kedelai yang satu ini tidak hanya lezat untuk disantap di tengah hari, tapi juga sehat karena berasal dari sumber nabati. Anda pun bisa menambahkan irisan buah sebagai pelengkapnya.

Bahan-bahan:
½ cangkir gula bubuk
4 butir telur, ambil bagian kuningnya saja
1 sdt tepung maizena
2 cangkir susu kedelai
1 sdt ekstrak vanili
1 cangkir kacang kedelai

Cara membuat:
1.Masukkan kuning telur, gula, kacang kedelai, dan tepung maizena ke dalam mangkuk, kemudian aduk dan campur hingga rata.
2. Panaskan susu kedelai di atas api sedang. Selanjutnya, tuangkan susu kedelai ke dalam campuran adonan sebelumnya.
Beri tambahan ekstrak vanili ke dalam adonan.
3. Panaskan semua bahan dan susu kedelai yang telah tercampur rata, hingga mengental.
4. Setelah matang, biarkan campuran dingin sejenak dan masukkan ke dalam kulkas selama 3-4 jam, tunggu sampai adonan mengeras.
5. Siapkan gelas saji, tuang es krim dalam gelas. Anda bisa beri tambahan toping kacang kedelai sesuai selera.
6. Es krim vanila kacang kedelai siap dihidangkan