Mengenal Pemeriksaan Pap Smear

Mengenal Pemeriksaan Pap Smear


Papsmear adalah pemeriksaan terhadap leher rahim yang berfungsi untuk tindakan pencegahan kanker serviks. Perempuan yang aktif berhubungan seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini setiap 1 atau 2 kali setahun.
Kemajuan di bidang medis yang sangat pesat menghadirkan metode pemeriksaan papsmear yang lebih canggih dengan tingkat akurasi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan metode biasa. Metode ini dikenal dengan Liquid Based Cytologi (LBC) . Infeksi HPV ( Human Papilloma Virus) yang berkaitan dengan lebih dari 90 % kejadian kanker Serviks dapat pula dikombinasikan dengan pemeriksaan LBC.

Pada pemeriksaan LBC akan diambil cairan di dalam vagina yang kemudian n akan dimasukkan ke dalam tabung berisi cairan khusus sehingga tidak ada sel yang terbuang . Hal yang berbeda pada pemeriksaan pap smear biasa dimana ada sebagian sel yang terbuang padahal mungkin ada sel HPV dalam sisa sampel yang dibuang tersebut. Perlakuan khusus juga dilakukan pada pemeriksaan LBC sehingga tingkat ketelitian akan jauh lebih tinggi.

Tingkat akurasi pada LBC adalah sekitar 84 persen , bandingkan dengan tigkat akurasi Pap Smear biasa yang hanya sekitar 55%. Tingkatan akurasi yang lebih baik menunjukkan tingkat ketelitian yang lebih tinggi, yang pada gilirannya dapat membantu dokter menemukan penyakit sedini mungkin sehingga tingkat harapan untuk sembuh dapat lebih baik.

Kewaspadaan tinggi tetap diharapkan meskipun hasil pemeriksaan LBC atau pap smear negative. Pemeriksaan ulang setidaknya setahun sekali adalah hal yang sangat dianjurkan.