Manfaat Jantung Pisang

Manfaat Jantung pisang


Sebagian besar orang suka dengan buah pisang. Bahkan, mereka pun menyadari kalau buah berwarna kuning ini mengandung banyak vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan.

Meski begitu, tak banyak yang tahu selain pisang, bunganya pun bermanfaat sebagai nutrisi. Sejak zaman dulu, bunga pisang sudah digunakan untuk pengobatan alternatif yang sudah dipraktikan di India sejak 5000 tahun silam, serta herbal.

Selain itu, bunga pisang pun bisa menjadi teman diet Anda yang dimasak dalam bentuk kari mau pun salad. Anda juga dapat dikonsumsi sebagai minuman jus, seperti dikutip Boldsky, Kamis (2/6/2016). Kandungan Gizi dalam Jantung Pisang

Berdasarkan penelitian, setiap 25 gram jantung pisang mengandung :

31 kkal kalori
1,2 gram senyawa protein
0,3 gram lemak
7,1 gram zat karbohidrat
Jantung pisang juga mengandung manfaat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). 1. Anemia
Bunga pisang kaya dengan zat besi. Besi merupakan mineral utama yang diperlukan untuk menjaga produksi sel darah merah yang sehat.

2. Siklus menstruasi
Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diperbaiki dengan mengonsumsi bunga pisang. Selain itu, makanan ini juga bisa mengurangi pendarahan yang berlebihan dan nyeri panggul yang ekstrem.

3. Meningkatkan laktasi
Bunga pisang ternyata dapat merangsang saluran susu di payudara ibu yang baru saja melahirkan. Selain itu, produksi ASI pun jadi lebih banyak.

4. Obati diabetes
Studi telah menunjukkan kalau bunga pisang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah hingga batas tertentu.

5. Mengurangi peradangan dan infeksi
Peradangan, dan infeksi ternyata bisa juga diserap oleh bunga pisang yang memiliki sifat antibakteri, dan anti-inflamasi. Penyakit seperti maag, nyeri sendi, infeksi jamur dapat berkurang setelah mengonsumsi bunga pisang ini.

Itulah beberapa khasiat, manfaat dari jantung pisang yang mungkin bisa anda pertimbangkan untuk konsumsi kedepannya. Konsumsi secara wajar, imbangi dengan pola hidup yang teratur jika ingin hidup sehat.