Katakan Tidak Sebelum Terjadi yang Tidak-Tidak

Katakan Tidak Sebelum Terjadi yang Tidak-Tidak


Survei oleh Komite Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan Kementrian Kesehatan pada Oktober 2013 sungguh menyedihkan dimana 62.7% pelajar Indonesia telah melakukan hubungan seksual diluar nikah. 20% dari 94.270 perempuan yang hamil di luar nikah berasal dari kelompok usia remaja dan 21% diantaranya pernah melakukan aborsi.Lalu pada kasus terinfeksi HIV dalam rentang 3 bulan sebanyak 10.203 kasus, 30% penderitanya berusia remaja.

Remaja seringkali menyalahartikan hubungan seksual sebagai bukti cinta , namun tak menyadari ada resiko penyakit menular seksual . Penyakit menular seksual adalah penyakit atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penyebaran bisa melalui darah, sperma, cairan vagina, atau pun cairan tubuh lainnya.

Beberapa penyakit yang mengintai diantaranya adalah Sifilis dan Gonore. Gejala awal sifilis adalah lesi atau luka yang mungkin tak terasa sakit pada alat kelamin atau mulut. Pada Gonore, rasa sakit bisa dirasakan meskipun bisa juga tanpa gejala. Baik gonore dan sifilis bisa saja muncul tanpa gejala. Yang berbahaya adalah menganggap dirinya sehat dan kemudian menularkan kepada pasangannya.

Banyak anggapan Penyakit Menular Seksual dapat disembuhkan dengan penisilin. Pengobatan penisilin yang tak komprehensif dapat menyebabkan kebal penisilin atau gangguan organ lain yang disebabkan dosis yang tak terkontrol. Virus penyebab penyakit menular seksual seperti HIV-AIDS atau HSV tidak bisa diobati dengan Penilisin.

Petunjuk dokter sangat diperlukan pada penanganan penyakit menular seksual. Bilamana diperlukan pemeriksaan laboratorium semisal VDRL,TPHA, Chlamydia IgG dan IgM, HSV2 IgGdan IgM, Trichomonas, Candida Albicans , GO Mikroskopis dan HIV dapat dilakukan.

Hubungan seksual hendaknya dilakukan secara bertanggungjawab dalam ikatan pernikahan. Hubungan seksual bukanlah satu-satunya cara untuk membuktikan cinta. Bila benar benar cinta, justru akan melindungi pacarnya dari melakukan hubungan seksual diluar nikah. Buat kamu baik cowok atau cewek, lebih baik katakan Tidak sebelum terjadi yang tidak-tidak.