Asam Urat dan Kolesterol apa bedanya?

Asam Urat dan Kolesterol apa bedanya?


Penyakit Asam Urat ditimbulkan oleh tingginya kadar purin dalam darah yang menyebabkan penumpukan purin kemudian mengkristal di persendian dan menyebabkan rasa sakit. Secara normal kelebihan purin dibuang oleh ginjal bersama dengan urin. Namun dalam kadar yang terlalu tinggi, atau terganggunya fungsi ginjal , purin akan menumpuk di beberapa bagian pembuluh darah.

Secara umum , gejala yang ditimbulkan dapat berupa ngilu dan rasa sakit di persendian khususnya ketika malam dan pagi hari , sering kesemutan, dan pada tahapan lanjut dapat menyebabkan radang sendi. Pada radang sendi, bahkan sentuhan ringan dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat.

Sementara itu penyakit kolesterol ditimbulkan karena tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya plak-plak di pembuluh darah. Sebagai akibatnya, aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi tidak lagi bisa lancar. Keadaan ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah. Aliran oksigen ke tubuh dan juga otak yang tidak maksimal dapat menyebabkan gejala sering pusing, cepat merasa lelah, sulit berkonsentrasi dan mudah mengantuk. Bagi beberapa orang juga ditemukan keluhan jantung berdebar-debar. Aliran darah yang terhambat oleh kolesterol akan menyebabkan pasokan oksigen ke syaraf tepi berkurang , sehingga keluhan kesemutan pada daerah kaki dapat pula dijumpai.

Diet terlalu ketat bukan merupakan jawaban untuk terhindar dari penyakit asam urat atau kolesterol. Diet ketat hanya akan menyebabkanketidakseimbangan metabolisme tubuh yang rentan akan penyakit lainnya. Pengaturan diet secara rasional adalah langkah yang bijaksana disamping rutin melakukan pemeriksaan laboratorium untuk tetap selalu sehat.