Apa Itu Amenorrhea?

Apa Itu Amenorrhea?


Datangnya haid bagi perempuan adalah pertanda kedewasaan dimana sel telur telah matang dan siap untuk hamil. Namun terkadang bagi beberapa perempuan belum mendapatkan haid atau menstruasi saat berusia 16 tahun. Apakah penyebabnya?

Amenorrhea sendiri berarti keadaan dimana seorang perempuan tidak mendapatkan menstruasi. Amenorrhea secara normal terjadi pada anak-anak sebelum pubertas, ibu hamil dan menyusui atau perempuan yang sudah menopause. Amenorrhea yang bersifat tidak normal dapat disebabkan beberapa hal.

Seorang perempuan yang tidak mendapatkan menstruasi sampai dengan usia 16 tahun disebut sebagai Amenorrhea primer. Penyebabnya adalah adanya gangguan genetik, hormonal maupun anatomis organ reproduksi. Penyakit pada kelenjar hipofisis dan hipotalamus juga bisa menyebabkan amenorrhea karea organ inilah yang mengatur regulasi hormon indung telur.

Sementara Amenorrhea sekunder terjadi bila berhentinya menstruasi selama beberapa siklus setelah sebelumnya mendapatkan menstruasi secara normal. Penyebab utama dan normal dari amenorrhea jenis ini adalah kehamilan. Keadaan ini bisanya disebabkan karena gangguan di hipotalamus, regulator keseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi pada perempuan.
Gangguan tersebut bisa berasal dari kekurangan nutrisi (termasuk diet ekstrem), penggunaan alat kontrasepsi berbasis hormon, latihan fisik berat, depresi dan stress, obesitas, atau penyakit kronis.

Amenorrhea harus ditangani secara teliti termasuk mengetahui penyebabnya. Konsultasi dengan dokter kandungan sangat dianjurkan untuk penanganan yang komprehensif. Bilamana diperlukan, pemeriksaan laboratorium Amenorrhea seperti LH, FSH, Prolactin, Estradiol dan TSH dapat dilakukan demi tegaknya diagnosis yang paripurna.