4 Penyakit Tulang yang Jarang Diketahui

4 Penyakit Tulang yang Jarang Diketahui


Kehadiran penyakit tulang jelas akan mengganggu aktivitas keseharian seseorang. Hal tersebut bisa terjadi mengingat tulang memiliki fungsi vital berupa menyokong bentuk dan mendukung tubuh untuk tetap kokoh. Selain itu, tulang juga membantu seseorang untuk bergerak.

Penyakit Tulang yang Bisa Menyerang Seseorang
Meski seseorang sudah berusaha dengan baik melindungi tulangnya dengan memenuhi kebutuhan gizi dan gaya hidup yang baik, namun ada juga penyakit tulang yang tetap bisa menyerang. Penyakit-penyakit tulang jenis ini kemungkinan tidak terkait dengan zat-zat dan gaya hidup di atas. Mereka kebanyakan menyerang karena kemungkinan terkait dengan genetik, lingkungan, dan penyakit tertentu yang diderita seseorang. Beberapa penyakit tulang jenis ini antara lain adalah:

Paget
Salah satu penyakit tulang yang jarang didengar adalah penyakit Paget. Kondisi ini terjadi ketika siklus pembaharuan dan perbaikan tulang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Pada kasus ini, regenerasi tulang berlangsung lebih cepat dari yang seharusnya. Hanya saja, penyebab utama dari abnormalitas ini masih belum diketahui secara pasti. Dugaan sementara adalah faktor genetik di dalam keluarga dan faktor lingkungan mempunyai pengaruh terhadap munculnya penyakit ini.

Akibat kelainan pada proses regenerasi tersebut, tulang justru menjadi lemah dan akhirnya mengalami kelainan bentuk (deformitas). Gejala umum dari penyakit tulang jenis ini adalah timbulnya nyeri tulang. Nyeri ini biasanya sering terjadi pada daerah panggul dan tulang belakang. Saat berbaring, nyeri pada tulang kian menjadi-jadi alias makin tidak tertahankan.

Pada banyak kasus penyakit Paget, tidak ada gejala yang muncul sehingga penyakit ini hanya bisa diketahui saat terjadi tulang retak atau patah atau saat memeriksakan diri pada dokter. Oleh karena itu yang setidaknya bisa dilakukan adalah segera menemui dokter saat mengalami gejala nyeri pada tulang atau terjadi perubahan bentuk pada tulang.