4 Penyakit Tulang yang Jarang Diketahui II

4 Penyakit Tulang yang Jarang Diketahui II


Tulang rapuh memiliki nama lain osteogenesis imperfecta (OI) yang memiliki arti tidak sempurnanya pembentukan tulang. Kondisi fisik pasien dengan penyakit ini dapat terlihat pada tulangnya yang mengalami kerapuhan dan mudah retak atau patah. Penyakit tulang jenis ini biasanya terjadi saat seseorang lahir. Meski demikian, OI hanya akan berkembang pada anak-anak yang keluarganya memiliki riwayat penyakit serupa alias genetik.

Kebanyakan dari penyakit ini bersifat ringan. Saat penyakit tulang rapuh ini berkembang menjadi parah, maka hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya gagal jantung, sumsum tulang belakang bermasalah, cacat fisik permanen, atau hilangnya pendengaran.

Metastasis tulang

Penyakit tulang berikutnya adalah metastasis tulang yang terjadi ketika sel-sel kanker menyebar ke tulang. Adapun sel-sel kanker yang bisa menyebar ini bisa berasal dari berbagai jenis kanker yang sebelumnya sudah ada. Metastasis tulang biasanya lebih sering terjadi pada tulang belakang, panggul, dan tulang paha. Kemungkinannya, penyakit ini merupakan indikasi awal bahwa seseorang menderita kanker. Namun pada beberapa kasus, metastasis tulang mungkin saja terjadi setelah seseorang menjalani pengobatan kanker beberapa tahun lalu. Kanker payudara dan kanker prostat merupakan jenis-jenis kanker yang sering menyebarkan sel-sel kanker ke tulang.

Penyakit tulang jenis ini dapat menyebabkan nyeri dan patah tulang. Pada umumnya, kanker yang telah menyebar hingga ke tulang tidak bisa disembuhkan. Pada kondisi kanker yang sudah tidak bisa disembuhkan lagi (kanker stadium 4), perawatan yang diberikan hanya dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit. Dalam hal ini, perawatan juga dilakukan untuk meringankan gejala-gejala lain akibat metastasis tulang.