Tips Mengolah Daging yang Sehat

Tips Mengolah Daging yang Sehat


Masih dalam suasana Idul Adha. Tentunya Anda masih memiliki stock daging di dapur Anda,
olahan makanan dari daging memang tidak ada habisnya, selain lezat daging juga merupakan bahan makanan yang memiliki mutu gizi tinggi. Namun kira-kira, sudahkah Anda mengolah daging dengan sehat?

Daging memang merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi. Selain itu daging juga memiliki protein dan dan mineral yang lengkap yang baik untuk tubuh manusia.

Agar kita dapat mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, maka pengolahan daging juga harus dilakukan dengan tepat. Beberapa cara mengolah daging untuk menjaga kandungan gizinya adalah:

1. Pilih metode memasak yang tepat, yaitu panggang atau rebus
Apa metode masak daging yang biasanya Anda buat? Daging memang cocok dimasak dalam berbagai metode ya. Namun agar kandungan gizinya tetap terjaga usahakan memilih metode masak panggang atau rebus ketimbang membakar daging.

Hal ini akan mengurangi risiko paparan api langsung pada daging yang dibakar. Makanan yang dibakar dengan cara yang kurang tepat akan berisiko meningkatkan terjadinya kanker.

2. Hindari penggunaan garam berlebih
Penggunaan garam pada masakan daging kerap digunakan dalam jumlah banyak agar rasa gurih garam bisa meresap. Padahal hal ini akan meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah.

Untuk itu usahakan selalu menggunakan bumbu alami saat mengolah daging ya. Penggunaan lada, cabai atau bumbu rempah alami lainnya tentu juga bisa meningkatkan citarasa daging, kan?

3. Buang Lemak Daging
Buang lemak daging terlebih dahulu sebelum dimasak, terutama jika ingin membuat sup atau semur.

Jika ingin memasak daging sapi, disarankan untuk memanggangnya atau merebusnya, bukan menggoreng.

Jikapun ingin digoreng, gunakan minyak yang sehat bagi jantung, seperti minyak bunga matahari, minyak kanola, minyak kedelai, atau minyak zaitun. Masak daging sapi dalam penggorengan, oven, atau air bersuhu setidaknya 71 derajat Celcius untuk membunuh bakteri.