Sehat Gak Pake Sakit Hati

Pemeriksaan Fungsi Hati

Pada saat anda melakukan pemeriksaan Medical Check Up , dapat dilihat bahwa hati adalah salah satu organ yang turut diperiksa. Dan ternyata, pemeriksaan fungsi hati bukan hanya SGOT dan SGPT saja lo, masih ada beberapa tes lain supaya kamu tetap sehat gak pake sakit hati.


Tes fungsi hati bertujuan untuk mengukur enzim atau protein tertentu di dalam darah, yang pada umumnya digunakan untuk membantu mendeteksi, menilai dan memantau penyakit atau kerusakan pada organ hati.
Tes ini bisa dilakukan saat kamu sehat (tanpa gejala atau keluhan) sebagai pemeriksaan penyaring (screening ) atau ketika dokter memerlukan informasi atas kecurigaan klinis penyakit hati gejala-gejala tertentu seperti mual, urine berbuih dan berwarna seperti teh dan warna kuning menyeluruh termasuk pada kuku dan mata.

Tes fungsi hati ini terdiri dari SGOT dan SGPT menunjukkan adanya kerusakan sel pada hati. Pada radang hati yang akut kadar SGOT dan SGPT sering didapatkan dalam kadar yang sangat tinggi . Pemeriksaan Alkali Fosfatase ditujukan untuk mengetahui apakah ada sumbatan pada saluran empedu selain juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi sirosis hati ( pengerasan hati ). 

Kerusakan hati selain disebabkan karena infeksi virus, dapat juga terjadi pada pasien dengan pengobatan jangka panjang atau pada seseorang yang mengkonsumsi alkohol , yang dapat dideteksi melalui pemeriksaan GGT atau Gamma GT. Pada penderita Hepatitis, dapat dijumpai warna kuning pada kulit, mata dan kuku menunjukkan salah satu petanda tingginya kadar Bilirubin dalam darah .

Sebagai petanda kerusakan sel hati utamanya pada kondisi yang sudah kronis (lama), kadar albumin dalam darah yang rendah dapat dijadikan informasi klinis. Pemeriksaan lain yang dapat dianjurkan adalah USG perut (abdomen) untuk melihat kondisi (salah satunya) apakah terjadi pengerasan hati berikut kelainan pada pembuluh darah hati.

Pemeriksaan fungsi hati bukan hanya SGOT dan SGPT semata, masih ada pemeriksaan lainnya untuk membantu dokter melihat kondisi kesehatan hati utuk diagnosis yang paripurna. Check up rutin itu penting supaya sehat dan gak pake sakit hati , karena gak sehat itu gak keren.