Tips menyambut Malam Lailatul Qodar bagi penderita Diabetes Mellitus.

Tips menyambut Malam Lailatul Qodar bagi penderita Diabetes Mellitus.

Sepertiga akhir Ramadhan adalah waktu yang sangat mulia bagi Muslimin. Pada waktu tersebut, Muslimin bersiap menyambut Lailatul Qodar yang nilai kebaikannya melebihi 1000 bulan. Segala ibadah ditingkatkan , namun akan sangat bijaksana bila persiapan fisik utamanya bagi penderita Diabetes Mellitus dalam menjalankan ibadah.

Sangat baik untuk berkonsultasi dengan dokter keluarga mengenai keadaan Diabetes Mellitus anda. Hal ini mencakup melakukan cek kadar gula darah serta konsultasi ahli gizi untuk menghitung jumlah kebutuhan kalori dalam sehari, sesuai kondisi penyakit Anda sehingga anda tetap bisa berkonsentrasi beribadah menyembut malam Lailatul Qodar.

Diabetes Melitus (DM) atau yang juga dikenal sebagai kencing manis disebabkan karena gangguan produksi atau kualitas insulin yang berakibat pada meningkatnya kadar gula darah (glukosa). Gejala klasik yang dapat ditemui pada penderita DM adalah rasa haus yang berlebihan, sering kencing terutama pada malam hari, berat badan turun drastis, cepat merasa lapar, dan tubuh terasa lemah. Pada kondisi tertentu, penderita juga mengalami kesemutan pada jari tangan dan kaki, gatal-gatal, penglihatan kabur, luka atau bisul yang sukar sembuh, dan keputihan.

Meraih pahala berlipat di malam Lailatul Qodar juga bukan halangan bagi penderita diabetes melitus dengan memperhatikan hal berikut ini :

  1. Jika perlu obat pengatur atau pengontrol kadar gula darah, minumlah sebelum makan saat berbuka dan menjelang sahur atau sesuai petunjuk dokter.
  2. Bila seorang penderita DM memerlukan suntikan insulin, segeralah berkonsultasi dengan dokter mengenai tata cara dan jadwal pemberian insulin .
  3. Yang perlu diwaspadai adalah bila gejala gula darah mulai turun, jangan paksakan diri. Segera hentikan puasa Anda. Segera minum air gula dan konsumsi makanan berkadar karbohidrat tinggi, seperti kurma.

Semoga bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri menyambut malam Lailatul Qodar.