Menyongsong Pernikahan Sehat dan Bahagia

Oleh : I Nyoman Merta Adi Pendit

Siapa yang tak akan bahagia bila dua hati telah menyatu dan kemudian sepakat untuk membina keluarga bersama ? Dalam menyongsong hari behagia tersebut, tentu banyak sekali perencanaan yang harus dibuat , mulai dari menentukan tanggal pernikahansampai dengan persiapan teknis pernikahan seperti gedung, format acara, baju pengantin, katering, dll.

Pernikahan adalah menyatunya dua orang yang saling mencintai dan menghormati. Dari pernikahan ini, diharapkan akan mendapatkan buah hati yang sehat nan menggemaskan. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari pentingnya pemeriksaan pranikah

Seseorang yang terlihat sangat sehat, mungkin saja memiliki resiko tinggi terhadap beberapa  jenis penyakit menular kepada istri/suaminya dan atau merupakan silent carrier/pembawa penyakit keturunan dimana saat hamil dapat mempengaruhi janin atau bayi yang dilahirkannya nanti. Pemeriksaan yang  dirancang untuk mengidentifikasi adakah masalah kesehatan saat ini / yang akan muncul di kemudian hari saat pasangan mengandung/memiliki anak.

Pemeriksaan Pranikah telah jamak dilakukan diluar negeri. Beberapa negara bahkan telah menjadikannya sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan izin untuk menikah yang sah secara hukum. Kementrian Kesehatan Saudi Arabia  memiliki peraturan yang telah ada semenjak  tahun 2004 yag mewajibkan setiap pasangan calon pengantin baru untuk melakukan Tes Pranikah tersebut. Tujuannya  untuk menurunkan potensi terjadinya kelainan genetis generasi selanjutnya. Negara lain yang menerapkan peraturan yang sama adalah China, yang juga menyediakan  program konseling / pembekalan di bidang kesehatan kepada pasangan yang akan menikah.

Berikut ini adalah paket Pranikah yang perlu dilakukan oleh kedua calon pengantin

Panel Pranikah Laki-Laki : 
Hematologi Lengkap , Golongan Darah ABO, Hb Elektroforesa, Urine Lengkap, Gula Darah Puasa & 2 jam PP, HBs Ag, Anti HCV, HSV 2 IgG, HSV2 IgM, VDRL,TPHA, Anti HIV.

Panel Pranikah Wanita : 

Hematologi Lengkap , Golongan Darah ABO, Hb Elektroforesa, Urine Lengkap, Gula darah Puasa & 2 jam PP, HBs Ag, Anti HCV, VDRL,TPHA, Anti HIV , ditambahkan pemeriksaan TORCH ( Toxoplasma IgG,ToxoPlasma IgM , Rubella IgG, Rubella IgM, CMV IgG , CMV IgM, HSV 2 IgG, HSV2 IgM.