Artikel Kesehatan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Di hari yang Suci ini, terlantun doa agar terbilas bersih semua noda dan dosa.

Laboratorium Klinik PRAMITA Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Taqoballahu Minna wa Minkum, Shiyamana wa Shiyamakum , Mohon Maaf Lahir dan Batin.

NB : Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, PRAMITA libur tanggal 24-28 Juni 2017 dan kembali aktif melayani anda pada tanggal 29 Juni 2017.


Tips menyambut Malam Lailatul Qodar bagi penderita Diabetes Mellitus.

Tips menyambut Malam Lailatul Qodar bagi penderita Diabetes Mellitus.

Sepertiga akhir Ramadhan adalah waktu yang sangat mulia bagi Muslimin. Pada waktu tersebut, Muslimin bersiap menyambut Lailatul Qodar yang nilai kebaikannya melebihi 1000 bulan. Segala ibadah ditingkatkan , namun akan sangat bijaksana bila persiapan fisik utamanya bagi penderita Diabetes Mellitus dalam menjalankan ibadah.

Sangat baik untuk berkonsultasi dengan dokter keluarga mengenai keadaan Diabetes Mellitus anda. Hal ini mencakup melakukan cek kadar gula darah serta konsultasi ahli gizi untuk menghitung jumlah kebutuhan kalori dalam sehari, sesuai kondisi penyakit Anda sehingga anda tetap bisa berkonsentrasi beribadah menyembut malam Lailatul Qodar.

Diabetes Melitus (DM) atau yang juga dikenal sebagai kencing manis disebabkan karena gangguan produksi atau kualitas insulin yang berakibat pada meningkatnya kadar gula darah (glukosa). Gejala klasik yang dapat ditemui pada penderita DM adalah rasa haus yang berlebihan, sering kencing terutama pada malam hari, berat badan turun drastis, cepat merasa lapar, dan tubuh terasa lemah. Pada kondisi tertentu, penderita juga mengalami kesemutan pada jari tangan dan kaki, gatal-gatal, penglihatan kabur, luka atau bisul yang sukar sembuh, dan keputihan.

Meraih pahala berlipat di malam Lailatul Qodar juga bukan halangan bagi penderita diabetes melitus dengan memperhatikan hal berikut ini :

  1. Jika perlu obat pengatur atau pengontrol kadar gula darah, minumlah sebelum makan saat berbuka dan menjelang sahur atau sesuai petunjuk dokter.
  2. Bila seorang penderita DM memerlukan suntikan insulin, segeralah berkonsultasi dengan dokter mengenai tata cara dan jadwal pemberian insulin .
  3. Yang perlu diwaspadai adalah bila gejala gula darah mulai turun, jangan paksakan diri. Segera hentikan puasa Anda. Segera minum air gula dan konsumsi makanan berkadar karbohidrat tinggi, seperti kurma.

Semoga bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri menyambut malam Lailatul Qodar.


Ramadhan Sehat

Oleh : dr. Ratih Dewi TrianiĀ 

Bagi seorang muslim, bulan Ramadhan adalah bulan istimewa karena banyak keutamaan dibandingkan bulan-bulan lainnya. Di bulan tersebut kita diwajibkan puasa selama 1 bulan penuh. Tentunya kita yang menjalankan ibadah puasa harus tetap mempunyai kesehatan yang prima dan tetap melakukan aktifitas seperti biasa. Untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat saat berpuasa, ada beberapa tips yang dapat dilaksanakan sehingga dapat membantu kita tetap prima dan maksimal menjalankan aktifitas dan ibadah di bulan Ramadhan.

Read more ...

Menyongsong Pernikahan Sehat dan Bahagia

Oleh : I Nyoman Merta Adi Pendit

Siapa yang tak akan bahagia bila dua hati telah menyatu dan kemudian sepakat untuk membina keluarga bersama ? Dalam menyongsong hari behagia tersebut, tentu banyak sekali perencanaan yang harus dibuat , mulai dari menentukan tanggal pernikahansampai dengan persiapan teknis pernikahan seperti gedung, format acara, baju pengantin, katering, dll.

Pernikahan adalah menyatunya dua orang yang saling mencintai dan menghormati. Dari pernikahan ini, diharapkan akan mendapatkan buah hati yang sehat nan menggemaskan. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari pentingnya pemeriksaan pranikah

Read more ...

2.3 Juta Orang Meninggal Akibat Kerja

Data yang dilansir oleh oleh International of Labour Organization (ILO) pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa dalam setahun terdapat 2.34 Juta orang meninggal dunia yang diakibatkan oleh penyakit kerja atau kecelakaan kerja. Di Indonesia, datanya masih sangat terbatas dan parsial sehingga belum bisa menggambarkan besarnya masalah keselamatan dan kesehatan kerja secara nyata.

Read more ...